Senin, 13 Agustus 2012

TIPS MENCARI KORSLETING PADA INSTALASI RUMAH




TIPS MENCARI KORSLETING PADA INSTALASI RUMAH

Terkadang kita sering dibuat pusing dengan listrik rumah,sudah pembayarannya bertambah mahal,sering ada pemadaman pula dari pusat.
Nah kali ini saya akan berbagi tips kalo tiba-tiba listrik dirumah padam,sedangkan pada saat itu tidak ada pemadaman dari pusat,dan tetangga sekitarpun enak saja menonton Tv.
Carnya yaitu:
Pertama  matikan saklar induk pada meteran listrik yang ada didepan rumah
gb 1
 
·         Lalu matikan panel hagger(panel pembagian/MCB box) ikuti kabel setelah meteran

 gb 2
·         matikan semua peralatan listrik (barang elektronik yang menggunakan listrik),dengan cara mencabut jack pada stop kontak.
 gb 3
·         Matikan juga semua lampu dengan cara menonaktifkan saklar lampu pada setiap ruang kamar.

 gb 4
Setelah setelah yakin semua telah dipadamkan,,,,,,nyalakan kembali mulai dari awal,
·         Yaitu menyalakan meteran terlebih dahulu (gb 1)
jika pada saat dinyalahkan tidak terjadi short kita lanjut ke langkah selanjutnya yaitu
·         menyalahkan kembali MCB box satu persatu,jika masih tidak ada reaksi /meteran tidak turun maka langkah selanjutnya
·         tekan tombol saklar lampu satu persatu.jika terjadi sort/turun pada meteran/MCB box maka copot lampu dan ulangi dari awal,nyalakan kembali tanpa lampu.kalau tanpa lampu masih sort artinya kesalahan terjadi pada sambungan (terminal yang menghubungkan lampu,arus masuk dan saklar)
·         jika dengan cara diatas masih juga belum menemukan titik sort maka langkah selanjutnya memeriksa satu persatu alat elektronika yang kita gunakan,colokkan satu persatu pada stop kontak,kalau meteran/MCB box turun artinya alat elektronika kita yang bermasalah.
Jika sudah dapat ditemukan letak kesalahnnya,perbaiki atau non aktifkan alat elektronika yang bermasalah tersebut,lalu aktifkan kembali semua lampu dan alat elektronika anda yang tidak bermasalah,pasti listrik dirumah anda akan terus aktif tanpa adanya sort lagi.
SEMOGA BERMANFAAT.....
Jika ada kendala lain silahkan menghubungi saya,atau bisa tulis komentar dibawah ini....saya akan segera membalas.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

bagai mana cara mudah mengusut titik hansleting pada instalasi