Selasa, 26 Juni 2012

Bermain Komputer? Waspadai Carpal Tunnel Syndrome (CTS)!

Bagi anda para pengguna komputer dan juga Netter, baik itu bekerja atau hanya sebagai hiburan, facebookan dan lain-lain, apalagi para blogger matre yang awal niat ngeblog untuk mancari sesuap nasi, harus tau tentang ini: "Bermain Komputer? Waspadai Carpal Tunner Syndrome (CTS)!". Apa itu CTS? Carpal Tunnel Syndrome (CTS) adalah kondisi medis penekanan nervus medianus di daerah pergelangan tangan sehingga menimbulkan rasa nyeri, paresthesia, dan kelemahan otot lengan bawah serta tangan. tempat kompresi nervus medianus lainnya adalah si siku, saraf melintas berada di antara kedua ujung m. pronator teres, atau sedikit di atasnya, yaitu di bicipital aponeurosis.
  BACA SELANJUTNYA
Wah ribet juga ya bahasanya, secara bahasa lain, adalah penyakit yang menyerang tangan dimana syaraf tangan menyatu di bagian pergelangan tangan sehingga menyebabkan nyeri. Dalam jangka panjang, penyakit ini bisa menyebabkan kelumpuhan pada tangan. Walaupun banyak penyebab lainnya tetapi pemakaian komputer yang terlalu sering menjadi salah satu penyebab yang paling banyak terjadi untuk penyakit persendian pergelangan tangan ini.
Resiko terkena CTS adalah kurang lebih 10% untuk orang dewasa. Tetapi wanita mempunyai resiko 3 kali lipat lebih banyak untuk terkena Carpal Tunnel Syndrome dibandingkan dengan pria.
Jangan menganggap enteng masalah CTS ini karena akibat terburuknya bisa mengakibatkan putusnya sendi pergelangan tangan sehingga tangan tidak dapat berfungsi dengan sebagaimana mestinya bahkan mungkin tidak dapat digerakkan sama sekali. iih ngeri..!



Tanda-tanda atau gejala :
  • Sering pegal dan atau nyeri, rasa kebas, dan parasthesia (seakan-akan terbakar dan bergetar) di ibu jari, telunjuk, dan jari tengah, atau pada beberapa pasien terjadi di telapak tangan.
  • Susah menggenggam dan mengepalkan tangan.
  • Sering menjatuhkan barang
Berikut ini adalah hal-hal yang kita anggap sepele tapi sangat besar dampaknya terhadap kemungkinan terkena CTS :




Penyebab :
  • Penggunaan tangan yang terlalu berlebihan seperti mengetik, memegang mouse, menggunakan HP.
  • Faktor genetika
  • Stress, trauma, kehamilan
Pencegahan :
Untuk penyebab no 2 dan 3, tidak dapat dicegah karena berhubungan dengan genetika dan kecelakaan.
Untuk no 1 dapat dicegah dengan melakukan hal-hal di bawah ini:
  1. Beristirahat secara teratur setiap 15-20 menit dengan melekukkan dan meluruskan pergelangan tangan.
  2. Jangan menempatkan keyboard pada posisi lebih tinggi atau lebih rendah daripada siku tangan.
  3. Duduklah dengan tegak.
  4. Jagalah agar tangan Anda selalu hangat.
Selain pencegahan secara eksternal seperti di atas, ada juga cara internal seperti gambar ilustrasi di bawah ini, cara meregangkan otot-otot pergelangan anda:




Setelah melihat dan tahu tentang CTS, sekarang tinggal kembali kepada diri kita sendiri, maukah diri kita untuk mulai menjaga aset kita yang berharga ini??
sumber

My Japanese name is Sadayoshi Tsubouchi.
Take The Original Japanese Name Generator by Shu today!
Created with Rum and Monkey's Name Generator Generator.
http://www.rumandmonkey.com/widgets/toys/namegen/721/

0 komentar: